Minggu, 16 Januari 2011

never say 'out of date' for this topic

DAUR ULANG

eits jangan pada kabur duluuu...
Oke, kali ini gue mu ngebahas tentang topic yang menurut gue ga pernah basi. Dari jaman gue SD udah digembor-gemborin dan kita semua udah tau tapi jarang banget yang sadar. Yups, DAUR ULANG. Kenapa daur ulang? jujur aja gue juga belom sadar tapi udah niat pengen sadar dan lagi cari temen buat sadar berjamaah.tempo hari gue nonton di TV ada kontes teens apaa gt gw lupa nah mereka mengusung topik daur ulang yang mereka daur ulang adalah kertas dan plastik yang kertas dijadiin baju yang plastik dijadiin tas. Nah, ide yang begini kan sebenernya udah banyak banget ya jadi ide beberapa acara yang menggembor-gemborkan Recycling. Tapi mereka ga perhatiin sisi yang lain (gue gatau apa namanya) kaya misalnya emangnya lo mau jalan-jalan ke Mall pake baju yang terbuat dari plastik ato kertas? Atau tas dari plastik dengan warna-warna genjreng trus ada tulisan “mencuci dengan sepuluh tangan” gue sih ogah.
Kalo pikiran pendek gue, si plastik-plastik itu bisa dirangkai di jadiin taplak meja ga mesti jadi baju kan?. Ya walopun klise banget tapi kalo si bungkus-bungkus makanan ringan itu dirangkai trus di lapisin kain lagi kan bakalan lebih menarik lagi? Tas juga sama kenapa ga di lapisin kain juga? Kenapa kalo mau recycling barang harus diliat-liatin “nih liat gue make bungkus ini itu buat bikin tas” padahal diem2 kan juga bisa.sedikit2 Gue mulai kumpulin plastik (kresek) bekas beli soto, martabak, lumpia, nasi bungkus, sate padang,dll walopun kedengerannya agak malesin juga. Tapi berguna banget lho.kaya misalnya gue mau jalan-jalan pake sepatu gue yang trendi dan funky (cuih !)tapi takut basah karena keujanan, gue selalu bawa kresek buat naro sandal swallow hahaha. Kaleng bekas astor punya temen gue, gue jadiin celengan ya walaupun celengannya bisa di bongkar pasang. Botol minuman yang satu liter gue jadiin tempat pensil, tmpat sendok, tempat naro sponge cuci piring. Kotak bekas beli spatu gue jadiin tempat taro macem-macem kaya USB dkk.
Gue akuin emang dilingkungan gue tinggal minim sekali tempat sampah. Kalo dikampus sih masih mending tapi coba liat di jalan-jalan sekitar jatinangor jarang banget gue liat tempat sampah. Kalo gitu ga jauh beda ama orang jaman dulu.
Coba lo bayangin jadi apa ya ni tanah yang kita injek kalo misalnya terus-terusan nambah sampah. Mungkin emang ga keliatan atau beberapa orang mengubur sampahnya tapi kan (setau gue) sampah menghasilkan gas yang kapanpun bisa meledak kalo udah saking jenuhnya (kalo ga salah ya)
Keadaan sampah ini berpangkal pada abad ke-18 waktu mesin lagi berkembang pesat di revolusi industri. Semuanya produksi barang gede-gedean, nah kan jadi barang yang ga kepake jadi numpuk. Keadaan masyarakat yang konsumtif juga jadi salah satu pemicunya. Baju masih banyak tapi udah beli baju lagi, mainan masih pada banyak beli lagi, perabotan masih bisa diperbaiki beli yang baru, ngeliat mobil keluaran baru langsung beli (saking kayanya), HP baru langsung beli, laptop canggih terbaru langsung beli. Kalo udah bosen, gantii lageeee. Jadi gue simpulin nih ya, semakin banyak duit lo semakin banyak lo menghasilkan sampah ! wahahahah. (kidding)
2 milliar ton sampah dihasilkan setiap tahunnya. Angka yang fantastis bukan? Coba gw kaliin sampe tahun 2050 bisa kelilipan angka nol gue.

Berikut barang-barang yang biasanya dipake sekali langsung buang:

1. gelas kertas (biasanya ada di restoran cepat saji dan kedai kopi a la luar negri)
2. sumpit kayu (karena kalo dipake berkali-kali doi bakalan lembab)
3. kantung plastik makanan
4. kaleng ( minuman bersoda)
5. Kertas kado
6. gelas bekas mie instant
7. Kresek
8. stereofoam tempat makan cepat saji juga kalo dibungkus

Bumi juga kan kalo dijejelin racun terus-terusan bakalan sakit. Maksudnya keadaan lingkungan, tanah, air juga ga sebaik sebelumnya kan? Apalagi banyak banget sampah yang lama terurai.

1. tisu gulung 3 bulan
2. Koran 3-12 bulan
3. kulit buah 3 bulan-2 tahun
4. permen karet 5 tahun
5. kaleng 10-100 tahun
6. kaleng alumunium 200-500 tahun
7. kresek 450 tahun
8. botol kaca 4000 tahun

gila sekali, itu kalo ditimbun terus-terusan ga mungkin kita bakal baik-baik aja. Entar anak cucu gue tinggal dirumah sampah. (astaga amit-amit). Limbah pabrik juga jadi masalah temen-temen. Walaupun ada teknologi canggih yang nyaring limbah cair sebelum sampe sungai, tapi airnya ga sepenuhnya bersih. Trus air dari sungai selalu bermuara di laut. Nah lho, kalo kata buku IPA lingkungan kita bakalan tercemar dan makhluk air bakalan mati teman-teman!
Cara lain untuk mengurangi hal diatas adalah memilah-milah sampah yang kita buang. Hmmmmmmffff cape sih emang tapi ini fungsinya biar kita lebih gampang untuk mendaur ulangnya. Nih yang kudu di pisah-pisah

1. barang-barang dari kertas seperti kotak susu, Koran, buku, dan kalender
2. tekstil kaya kain bekas, selimut, dan mainan
3. botol kaca, botol plastic, kaleng
4. sampah makanan (tiriskan dulu biar ga basah)
5. wadah tempat cat atau bahan kimia
6. sampah besar seperti perabotan dan alat elektronik
7. obat-obatan, bekas baterai, lampu neon ( karena mengandung merkuri ga baik buat tanah)

gimana cara mendaur ulang mereka semua, selain yang gue udah bilang diatas misalnya, daur ulang kertas. Gue juga agak belom ngerti sih caranya. Gue termasuk orang yang boros kertas makanya di tempat sampah gue sampah paling banyak kertas dibanding bungkus makanan.
Kalo menurut buku adik gue yang gue baca katanya…
1. buku, tisu, dan kertas bergelombang itu dari daur ulang juga
2. banyak juga botol kaca yang dilelehin dulu biar jadi baru lagi
3. plastic bisa jadi karpet
4. ban bisa jadi ayunan ato ngga jadi jalan setapak di tempat yang mendaki

tapi kan susah tuh, masa iya kita bisa melelehin botol kaca cuy, maksudnya kan ga gampang. Ada lagi nih tips-tips lainnya :

1. kalo punya mainan yang udah ga kepake mending disumbangin ke lembaga sosial ato kalo misalnya baju-baju bekas bikin aja garage sale bareng temen-temen lumayan kan?
2. sampah makanan (ini agak berat hati juga). Membuat pot cacing tanah. Cara nya seperti ini :

• pot yang tingginya kira-kira 30cm
• beli cacing tanah dulu di toko alat pancing
• taro cacing di dalem pot trus tutup pake plastic item jgn ditempat panas
• taro sampah makanan 2-3 hari kemudian
selain mengurangi sampah kita juga bisa menambah pahala dengan memberi cacing-cacing makan (amin daaahhh)

3. kalo beli barang pilih-pilih dulu (kira-kira bener2 penting nggak). Selain harga kita harus udah mulai jadikan ini sebagai salah satu pertimbangan
4. gunakan barang-barang daur ulang
5. kalo kemana-mana misalnya lo ke minimarket bawa tas kanvas yang khusus buat belanja. Banyak kok dijual tas-tas begitu. Biar nanti si mba atau masnya yang masukin ke dalem tasnya.
6. kalo ada barang lo yang rusak jangan putus asa perbaiki.
7. dari pada beli air minum kemasan mending lo pake botol minum khusus buat air minum yang bisa di bawa kemana-mana
8. beli barang yang kira-kira bisa dipake bwt jangka waktu yang lama

well, gue tau pasti males banget buat baca ini. Karena ribet banget. Kalo gue, kalo gue bisa ngelakuin hal-hal diatas, itu lah cara gue berterimakasih sama bumi yang udah nyediain air buat kita hidup dan tanah buat kita pijak. Kasian, bumi kita udah tua..udah tua disampah-sampahin lagi. Kan tambah kasian.
Kalo kita ngelakuinnya sendirian emang kerasanya beraaaat bgt karena kita ngga terbiasa dengan ini. Dengan menjadikan ini kebiasaan, yakin deh kedepannya yang lain ikutan sadar. Kalo nggak dimulai dari kita, ga bakalan ada yang mulai. Semoga bermanfaat yaaaaa. tulisan ini bukan bermaksud menggurui atau ngajarin tapi lebih ke mengajak. gue juga belom sadar-sadar amat sih, tapi ya lumayan kan sadar sedikit juga.hehe.

salam, aya

Source: aku suka belajar daur ulang (educomics)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar